Air Terjun Koloman di Bolsel, Alternatif Baru Penikmat Wisata Menantang

0
1452
views
Air Terjun Botuliodu di Kecamatan Tomini

Bila merasa bosan berwisata ke pantai dan pegunungan karena tak punya tujuan wisata lain, Air Terjun Koloman di Desa Dumagin B, Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bisa masuk buku rekomendasi perjalanan wisata Anda berikutnya.

Meski belum dikenal secara luas, keberadaan air terjun di Desa Dumagin B mulai dilirik para penikmat wisata, baik lokal maupun beberapa daerah lain.

Sebelum memulai perjalanan baiknya Anda memanfaatkan jasa pemandu warga setempat atau dari aparat desa.

Selain itu, sebelum menyusuri jalan hutan, pastikan penunjang utama sudah tersedia, seperti sepatu gunung, celana panjang, dan jangan lupa bawa bekal karena di situ tidak ada yang berjualan.
Air Terjun Koloman di Desa Dumagin B, Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)

Jalan Berliku

Dari Desa Dumagin, Anda harus menempuh jalan perkebunan sekitar 10 menit, dan lanjut dengan berjalan kaki selama 15 menit.
Jalan sempit, berliku‑liku, dipenuhi rumput liar menjadi teman dalam perjalanan menuju surga tersebunyi.
“Air terjun ini memang belum lama ditemukan oleh warga, karena berada di kawasan hutan lindung,” kata Sangadi (Kepala Desa) Karmawan Makalalag yang menjadi pemandu perjalanan.

Obat Lelah

Keindahan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter meluncur deras bersama dengan gelembung udara dan menciptakan kesejukan jadi obat rasa lelah dalam perjalanan.
“Dulu yang sering datang mandi di sini pemuda Dumagin, tapi sekarang sudah banyak juga yang dari luar,” kata Sangadi.

Bangun Jalan Setapak

Untuk memperkenalkan lokasi wisata ini secara luas, maka pemerintah desa akan mengarahkan Alokasi Dana Desa untuk membangun jalan setapak ke lokasi tersebut.
“Biar wisatawan juga nyaman saat berwisata ke sini,” kata Karmawan.

Sembilan Jam dari Manado

Bagi Anda yang bermodal pas‑pasan namun penasaran dengan keberadaan lokasi wisata ini, tidak perlu khawatir. Sebab lokasi ini masih digratiskan bagi pengunjung.
Untuk menuju ke lokasi tersebut, Anda bisa menggunakan sarana angkutan umum berupa bus dengan jurusan Kota Manado‑Dumagin dengan jarak tempuh sekitar 9 jam. Biaya perjalanannya tergolong murah, hanya Rp 90 ribu per orang.
Namun bagi Anda yang tidak terbiasa menempuh perjalanan jauh, bisa menginap di ibu kota Kabupaten Bolsel di Molibagu. Dari desa menuju ke lokasi wisata tersebut memakan waktu sekitar 3 jam.

sumber : http://manado.tribunnews.com/2017/09/24/air-terjun-koloman-di-bolsel-alternatif-baru-penikmat-wisata-menantang